Rabu, 26 September 2018

CONTENT MARKETING

Apa Itu Content Marketing?

















"Content marketing adalah strategi pemasaran dimana kita merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi kustomer."


 2 Tujuan dari content marketing:
1.     Menarik audiens baru untuk mengenal bisnis anda.
2.     Mendorong (mengajak) mereka untuk menjadi kustomer.

3 Manfaat dari content marketing:
1.     Menaikan penjualan
2.     Menghemat biaya
3.     Pelanggan yang lebih baik yang memiliki lebih banyak kesetiaan

Membuat strategi content marketing

Secara umum, ada 3 tahapan dalam content marketing.






1. Memahami 3 tujuan dari konten

Misalkan anda memiliki website yang menjual tiket pesawat.
Maka pastinya anda tidak puas kalau pengunjung hanya datang membaca
konten, lalu langsung pergi tanpa membeli tiket satupun.
Sama seperti prinsip content marketing, konten bertujuan untuk:
  1.       Mendatangkan visitor
  2.       Meningkatkan kepercayaan
  3.       Penjualan

2. Memahami 3 tujuan dari konten

Dengan cara menyediakan konten yang dapat menyelesaikan masalah (yang
berhubungan dengan apa yang kita jual). 
Nah.. Agar dapat mengetahui masalahnya, kitapun harus bisa bisa “kenal” dengan
mereka.

BAGAIMANA CARANYA???

Dengan membuat buyer persona.

"Buyer persona adalah representasi semi-fiktif yang menggambarkan kustomer ideal berdasarkan riset pasar dan data dari kustomer anda."

Sederhananya begini:

Misalkan saya menjual susu bayi. Saya ingin membuat konten yang tepat untuk para pembeli.
Untuk itu saya perlu tahu siapa sih orang-orang yang biasanya membeli produk ini? Umurnya kira-kira berapa, perilaku sehari-harinya bagaimana, apa permasalahan mereka?
Kita kumpulkan semua informasi tersebut, jadikan sebuah karakter.
Itulah buyer persona.

Lebih lengkapnya mengenai data yang diperlukan:

1.     Pekerjaan: jabatan dan deskripsi pekerjaan

2.       Biodata: umur, perkiraan penghasilan, pendidikan, keluarga

3.       Hobi, rutinitas, ketertarikan, perilaku ber-internet

4.       Ambisi (tujuan) dan halangan/tantangan

5.       Apa yang bisa anda bantu untuk mencapai tujuan

Dengan begitu kita bisa membuat konten yang pas buat mereka.

3. Buat perencanaan & pemetaan konten

Sampai sejauh ini, kita sudah tahu hal berikut:
  • Ada 3 tujuan konten
  • Satu konten tidak bisa memenuhi ketiganya sekaligus
  • Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu si buyer persona.


sumber: http://panduanim.com/content-marketing-bisnis/

1 komentar: